Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Memperbaiki kesenyapan kabin Avanza / Xenia / Suzuki APV / Karimun Estilo / Isuzu Panther / Daihatsu Feroza dengan cara mudah.

with one comment

Intrusi suara dari sekitar kendaraan masuk ke kabin lewat celah kecil antara sekeliling pintu dan body, dimana Seal atau O-ring pada bagian body yang menghadap ke pintu belum menggunakan “karet balon”.

Pada Avanza, kedua pintu tengah belum menggunakan karet balon, sementara pada kedua pintu depan sudah mengaplikasikan karet balon.

Hal yang sama juga ditemukan pada Suzuki Karimun Estilo / Isuzu Panther / Daihatsu Feroza.

Solusinya adalah dengan mengganti Seal Vinyl biasa tersebut dengan Karet Balon.

Karet balon meteran dapat dibeli di toko-toko aksesoris, cara pemasangan dengan bantuan palu karet atau bisa dipukul-pukul dengan kepalan tangan, serta perhatikan sewaktu memasang di daerah sudut, karet balon harus mengikuti lekukan sudut dengan pas.

Bagian yang seperti silinder (balon) menghadap ke frame pintu.

Aplikasi ini tidak hanya terbatas bagi mobil-mobil yang disebutkan sebelumnya, tetapi dapat diaplikasikan pada mobil-mobil lain yang belum menggunakan karet balon seperti Kijang kapsul, dan lain-lain.

Jika sesudah pemasangan karet balon pintu menjadi agak sulit ditutup, maka perlu dilakukan adjustment dimana bagian tertentu dari karet balon dikikis sedikit, biasanya pada daerah pangkal pintu atau dekat kait engsel pintU.

Tetapi jika pintu tetap dapat ditutup dengan mudah maka tidak perlu adjustment lagi.

Sumber :
APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 8:20 AM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ada yg jual karet balon kecil, sedang, dan besar, itu ngaruh ke mana ya?

    Eko

    October 15, 2017 at 9:08 AM


Leave a comment