Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Hasil Test Drive Pajero Sport Dakar Reloaded 4×2 Matic vs Versi Sebelumnya

with one comment

Di bulan Oktober 2011 kemarin, team APG berkesempatan melakukan test drive singkat Pajero Sport Dakar Reloaded 4X2 Matic.

Singkatnya, fokus kami untuk meneliti efek dari perubahan / perbedaan yang ada pada PS Dakar Reloaded 4X2 (PSDR) ini dengan PS Dakar 4X2 sebelumnya dan inilah hasilnya:

1. Akselerasi awal 0-40 km/jam
Akeselerasi awal 0-40 km/jam PSDR dengan 5 speed Matic ini ini lebih baik dibanding Dakar sebelumnya yang 4 Speed Matic, dimana karakter gigi pertama di PSDR ini menjadi “lebih pendek” sehingga lebih ringan bagi mesin. Bahkan ketika kami mencoba naik di tanjakan parkir secara ‘Stop & Go’, saat direm dan kemudian pedal gas diinjak lagi ‘si PSDR’ langsung jalan dengan enteng.

2. Rem
Sangat disayangkan kinerja rem PSDR dengan 4 wheel Disc Brake ini agak dibawah expetasi, pedal rem harus diinjak dalam untuk memperlambat kendaraan secara segera. Catatan: hal ini ada kemungkinan juga dapat disebabkan mobil yang kami test odometernya baru berjalan 85 Km, sedangkan masa “break in” kampas rem minimal 300 Km.

3. Paddle Shift
Adanya fitur paddle shift sangat menarik, apalagi dengan jumlah gigi yang 5 tingkat percepatan, sayangnya posisi tuas paddle shift terasa agak sedikit jauh ke dalam untuk dapat dijangkau dengan jari.

4. Lampu depan HID
Konstruksi lampu depan HID-nya kompak, dimana Ballast terintegrasi di bagian belakang batok headlamp, sehingga terlihat ringkas.

5. Headlamp Washer
Headlamp Washer saat di test juga menyembur dengan cukup kuat ke arah headlamp.

6. Suspensi
Bantingan suspensi dibanding PS Dakar sebelumnya terasa sama saja.

Sementara test untuk kecepatan menengah dan tinggi belum kami lakukan.

Kesimpulan sementara:
Dengan segala kelebihan maupun kekurangannya, team APG tetap memberikan point plus bagi PS Dakar Reloaded 4X2 A/T ini, dimana dengan selisih harga 11 juta perbedaan yang didapat cukup banyak dan mencakup bagian-bagian vital seperti : Transmisi otomatis dengan 5 kecepatan, rem belakang dengan Disc brake serta AC belakang yang menyembur dari Plafon.

Hanya saja sangat disayangkan mengapa fitur-fitur ini tidak langsung terpasang sejak PS Dakar 4X2 pertama muncul.

Sumber :
05 November 2011
APG

Written by Joseph Setiawan

November 7, 2011 at 1:24 AM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih om infonya. dakar emang mantepp. masih bingung antara fortuner dan dakar

    nyanlee

    May 15, 2014 at 4:01 PM


Leave a comment