Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Persiapan Kendaraan Untuk Lipuran

leave a comment »

Pelesiran dengan kendaraan pribadi adalah pilihan favorit. Untuk itu, ada baiknya beberapa komponen utama diperhatikan sebelum bepergian agar perjalanan lancar. Sebaiknya Anda membuat daftar pengecekan seperti berikut.

Rem Sangat vital! Pengurang laju kendaraan ini, bila rusak, bisa menyebabkan kecelakaan. Jika lupa kapan terakhir mengecek kondisi rem, sebaiknya pastikan rem berfungsi dengan baik. “Apalagi jika mobil bertransmisi otomatis, kerja rem praktis lebih berat 30 persen dibandingkan dengan manual,” papar Iwan Abdurahman, Section Head Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

Ban “Bagian ini patut mendapat perhatian ekstra,” ujar Iwan. Pastikan kedalaman alur telapak ban masih baik. Minimal ketebalannya 2 mm atau kira-kira selebar pentol korek api. Jika kurang, sebaiknya diganti. Pasalnya, daya cengkeram berkurang.

Makin berbahaya pada kondisi sekarang: hujan sering turun! Jalan basah dan licin. Bahkan, bisa saja menghadapi genangan air yang menyebabkan efek “aqua planning”. Mobil bisa saja tidak bisa dikontrol atau menjadi liar.

Cek pula model tapak ban (patern)! Usahakan mereknya sama! Begitu pula bentuk kembang dan ukurannya! Jika terpaksa harus berbeda, usahakan depan antara belakang, bukan kanan dan kiri. Tujuannya, menyeragamkan cengkeraman. Jangan lupa memeriksa tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban cadangan, juga diperiksa, tekananan angin harus cukup.

Servis Jika perjalanan yang akan dilakukan cukup jauh, sebaik servis mobil ke bengkel kendati belum sesuai dengan jadwal.

Komponen penunjangKaret penyeka kaca (wiper) menjadi penting. Pasalnya, guyuran hujan semkain deras. Pastikan wiper masih berfungsi dengan baik dan tidak mengganggu penglihatan. Juga, pastikan lampu utama dan rem bekerja masih terang.

Peralatan pendukung
Alat pembuka ban dan dongkrak dipastikan ada di tempatnya dan berfungsi dengan baik. Keduanya tak kalah merepotkan bila tertinggal atau rusak. Selain itu, periksa juga sekring cadangan dan relay di fuse box

Sumber :
Aris F. Harvenda; Zulkifli BJ
Rabu, 21 Desember 2011
KOMPAS.com

Written by Joseph Setiawan

January 20, 2012 at 2:55 PM

Posted in Nilai Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: