Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Problem Khas Toyota Yaris

leave a comment »

Problem Khas Toyota Yaris yang umum terjadi adalah sbb:

1. BATERAI KEYLESS HABIS
Baterai remote keyless yang ada pada tipe S Limited harus diperhatikan kondisinya sesekali waktu. Sebab bila habis, akan membuat fungsi keyless tidak berjalan. Artinya, pintu tak bisa dibuka dan mesin tak dapat dihidupkan secara ‘otomatis’.

Baterai ini memang tahan lama, dan biasanya bila habis, logo immobilizer di panel spidometer akan menyala. Kalau sudah begini, maka membuka pintu bisa dilakukan secara manual menggunakan anak kunci yang dapat dicabut dari kotak remote.

Jika ingin mengganti baterainya dengan yang baru, cukup buka kotak dengan bantuan anak kunci pada celah yang tersedia, lalu dengan mudah baterai lama dapat dilepas dari dudukannya. Bentuk baterainya serupa yang dipakai jam tangan atau perangkat elektronik.

Bawaan aslinya mengandalkan merek Maxell dengan kode ukuran yang perlu diingat adalah CR1616 dan voltase 3V. Dapat diperoleh di toko elektronik dengan harga eceran tak lebih dari Rp 50 ribu saja. Sebagai antisipasi lanjutan, sebaiknya siapkan satu buah untuk disimpan di mobil sebagai cadangan kalau kondisi darurat.

2. BUNYI DI BAGASI
Banyak pemilik Yaris yang mengeluhkan bunyi getar di bagasi. Setelah diteliti, ternyata tatakan pemisah barang atas bagasi yang kerap menimbulkan bunyi. Hal ini karena tatakan tersebut penempatannya tidak diklem mengingat ia bisa diangkat bersamaan dengan pintu bagasi yang dibuka.

Solusinya adalah dengan membungkus sisi-sisi luar tatakan dengan solasi hitam di beberapa bagian. Hal ini membuat getaran tatakan tereduksi dan mengurangi bunyi.

3. NOMOR MESIN TERSEMBUNYI
Posisi nomor mesin yang tersembunyi di balik blok sebenarnya bukan masalah serius. Namun cukup menyulitkan untuk melakukan ritual gesek nomor mesin guna melakukan proses perpanjangan STNK.

Letaknya adalah di blok mesin dekat throtle body sebelah kanan (kalau kita menghadap ke mobil). Agak susah menggapainya, karena harus melepas atau melonggarkan manifold intake. Karena itu sebaiknya minta bantuan orang yang paham bongkar-membongkar saat akan melakukannya.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Aries Aditya Putra, Rudy Ghupta | Teks Editor : Bagja | Foto : Dok. CAR & TUNING GUIDE
Selasa, 04 Oktober 2011

Written by Joseph Setiawan

October 4, 2011 at 7:34 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: