Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Penyebab Mesin Motor Sulit Langsam

leave a comment »

Pernah alami rpm mesin enggak langsung langsam saat tutup gas? Pasti menyebalkan. Sebab gasingan mesin tetap tinggi diikuti penurunan rpm lambat sampai kembali langsam.

Muncul dipengaruhi komponen seputar karburator atau dari saluran suplai gas bakarnya. Contohnya tali gas seret atau kondisi ruang bakar berkerak. Tapi, kalau skep lancar dan ruang bakar bersih, coba perhatikan permukaan luar jarum skep dan piston skep. Jika ada bagian yang tergores atau oval, menyebabkan udara luar nyelinap masuk dapur pacu.

Udara yang nyusup dari celah jarum dan skep, menggangu kerja pilot-jet. Apalagi fungsi pilot-jet menyuplai gas bakar ideal saat rpm rendah dan posisi skep dan jarum berada di bawah. Wajar kalau skep atau jarum bocor, putaran mesin lambat saat akan langsam.

Biar afdal, perhatikan sambungan di intake manifold. Jika terjadi kebocoran, udara palsu yang masuk menyebabkan putaran mesin langsam jadi lambat.

Hanya saja gejala itu akan merembet pada persoalan lain. Misalkan akselarasi motor agak tersendat di rpm bawah dan atas, karena gas bakar yang masuk miskin bensin. Lebih parah, motor sulit dihidupkan.

Sumber :
motorplus-online.com
Penulis : KR15 | Text Editor : Nurfil
Rabu, 09 November 2011

Written by Joseph Setiawan

March 4, 2012 at 9:30 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: