Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Penyebab AC Kendaraan Rusak

with 10 comments

Pemilik mobil pasti setuju bila perangkat AC menjadi peranti wajib. Makanya ATPM pun memasukkan AC sebagai kelengkapan standar.

Hanya saja, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam merawat atau memperlakukan penyejuk kabin ini. Bahkan banyak yang menganggap AC mobil tak perlu perawatan.

“Perangkat AC mobil merupakan rangkaian dari beberapa komponen yang memiliki masa pakai dan perlu perawatan berkala,” jelas Rohim dari Sejuk AC di bilangan Joglo, Jakbar.

Salah satu komponen saja abnormal, kinerja AC jadi tidak dingin. Bila dibiarkan, bisa merembet yang berujung overhaul berbiaya jutaan rupiah.

Biasanya bermula dari bau tak sedap di dalam kabin, bunyi mendengkur dari kompresor AC, hawa panas saat AC dihidupkan atau tak keluar hembusan angin sama sekali. Ini dia delapan penyebab yang paling sering terjadi!

1. Hidupkan Ac Pada Rpm Tinggi
Ada cerita seram ketika pelanggan Rohim datang ke bengkel Sejuk AC dan minta diganti kompresor AC Honda Genio miliknya. “Saya lagi kebut-kebutan di jalan tol dengan kondisi AC mati-hidup secara manual,” terang sang pemilik mobil.

Suatu ketika, AC dinyalakan pada saat mobil kecepatan tinggi, mendadak kompresor meledak hingga puli kompresor terbang nyaris menembus kap mesin.

Cara ekstrem memperlakukan AC karena kompresor dipaksa hidup dan mati secara berulang-ulang saat putaran mesin cukup tinggi.

“Sebaiknya hidupkan AC pada saat rpm rendah agar magnetic clutch kit dan kompresor tak kaget mendapat tekanan ketika switch magnet AC bekerja,” terang Rohim lagi.

Buntutnya jelas, kompresor tak bisa di-repair alias harus ganti baru. Versi copotan (eks limbah) bisa mencapai Rp 1,5 jutaan. Bicara baru pasti di atas Rp 2 juta. Belum termasuk perbaikan kap mesin akibat dihajar puli kompresor.

2. Karpet Dasar Kotor
Merupakan penyebab dari evaporator berlendir. Kotoran seperti debu, abu rokok, serat halus karpet dasar atau sisa remah-remah makanan yang dibiarkan bertebaran di lantai dek.

Mobil yang rajin cuci steam biasanya memiliki usia pakai AC lebih panjang karena karpet dasar biasanya ikut disedot pakai vacuum cleaner secara berkala.

Semakin sering kabin dan karpet dasar mobil dibersihkan, kotoran tidak ada lagi yang tersedot blower sebagai sirkulasi udara AC.

Meski mobil keluaran terakhir dilengkapi filter kabin, bukan berarti sistem AC aman tenteram. “Kotoran dari bawah tetap bisa terhisap dan lolos dari filter,” jelas Amin dari Sejuk AC di bilangan Joglo, Jakbar

3. Filter Kabin Mampat
Mobil keluaran terakhir sudah dilengkapi filter kabin sebagai penyaring kotoran yang tersedot kipas blower. Bentuknya seperti filter udara.

“Karena kebiasaan lama di mobil mereka zaman dulu, banyak pemilik yang tidak tahu soal keberadaan filter ini,” jelas Sopian dari divisi spare part Honda Kebon Jeruk, Jakbar.

Padahal, tujuan filter ini untuk menjaga evaporator agar senantiasa bersih. Fungsinya cukup berat untuk menyaring kotoran yang tersedot blower. Untuk itu butuh penggantian seperti halnya filter udara atau filter oli.

Semisal saja filter kabin Honda New CRV, dibanderol sekitar Rp 250 ribu belum termasuk ongkos pemasangan. “Usia pakai filter sekitar 10-12 bulan, tergantung pemilik mobil,” terang Sopian.

Tetapi kalau mobil dipakai ekstrem, sebaiknya penggantian dilakukan lebih awal, 8-9 bulan sekali dari pada evaporator rusak atau jebol yang bisa menghabiskan biaya hingga Rp 4 juta.

4. Perubahan Suhu Mendadak
Menghidupkan AC dengan posisi paling dingin dan blower paling kencang untuk menghalau panas tinggi di dalam kabin dinilai praktis, tetapi berdampak buruk.

Suhu tinggi ini sanggup memanggang material dasbor yang terbuat dari plastik (resin). Perubahaan suhu mendadak bisa mengubah struktur plastik menjadi cepat getas.

Lama-lama akan membuat dasbor retak. Proses kerja kompresor mendinginkan kabin juga jadi lebih lama. “Thermostat memerintahkan kompresor untuk terus aktif sampai suhu kabin adem,” jelas Rohim. Usia kompresor jadi pendek.

Hindari dengan membiarkan suhu kabin adem secara alami. Buka kaca dan hidupkan kipas blower tanpa mengaktifkan kompresor. Biarkan jendela terbuka 10 menit supaya ada sirkulasi angin dari luar.

5. Posisi Thermostat
Kebiasaan menghidupkan AC di siang atau malam hari, biasanya dibarengi dengan menyetel ulang thermostat. Beberapa mobil punya indikator merah-biru, tetapi pada mobil premium, penampakan thermostat biasanya pakai angka digital.

Kesalahan pemilik mobil pada umumnya adalah memposisikan thermostat pada posisi paling dingin padahal suhu udara di luar tergolong dingin (malam hari atau habis hujan).

Efeknya adalah evaporator akan membeku alias frozen. Indikasinya adalah angin yang ditiupkan blower berupa kepulan asap dingin.

Sebagian orang menganggap hal ini adalah bagus karena AC dinilai dingin. Padahal, udara atau angin yang berhembus lebih banyak terhalang es yang menempel di kisi evaporator.

Kebiasaan ini akan merusak evaporator karena proses terjadinya lendir bisa juga berawal dari sini. “Sebaiknya posisikan thermostat sesuai kebutuhan saja,” terang Rohim.

Sebaliknya, saat cuaca panas tak ada salahnya menyetel thermostat pada posisi paling dingin agar pencapaian suhu sejuk di kabin bisa lebih cepat.

6. Evaporator Berlendir
Pernah mengalami kabin berbau tak sedap saat AC dihidupkan? Bisa dipastikan evaporator sudah terselubung kotoran yang mengendap disekitar kotak blower, kipas blower atau pada dinding evaporator.

Hal ini disebabkan kotoran seperti debu halus, remah-remah makanan dan serabut halus karpet dasar terangkat alias tersedot kipas blower.

Kotoran tadi kemudian lengket disekitar evaporator dan bersarang dalam waktu lama. “Efeknya timbul residu seperti lendir yang berbau anyir/amis,” tutur Mamat dari Lin Karya AC di bilangan Meruya, Jakbar.

Lendir tadi akan menyumbat lubang pembuangan dan membuat evaporator hingga blower tergenang air hasil kondensasi AC. “Kalau sudah begitu biasanya korsleting,” terang Mamat lagi.

Paling tidak setahun sekali harus dibongkar untuk servis Jangan sampai kotoran atau lendir menjadi tebal dan membuat evaporator bocor karena korosi dan blower korslet. Harganya sekitar Rp 2 jutaan belum bongkar pasang.

7. Dryer ‘Busuk’
Dryer botol atau dryer kantung merupakan penyaring refrigerant yang bersirkulasi di dalam sistem AC.

Gas refrigerant yang bertekanan tinggi dan ‘jalan-jalan’ dari kompresor hingga ke evaporator dan kembali ke kondensor, kerap membawa residu atau kotoran.

Dryer yang tak pernah diganti akan membuntu saluran karena butiran silicone di dalam botol atau kantung sudah banyak kotoran.

Efeknya jelas, sirkulasi refirgerant terhambat dan membuat tekanan ke evaporator lebih rendah. “Proses pendinginan jadi ikut drop,” papar Amin, salah satu mekanik Sejuk AC.

Indikasinya bisa dilihat dari kantung yang berwarna hitam akibat kotoran. “Padahal, biaya penggantian terjangkau dan cukup setiap 10 ribu kilometer,” jelas Amin lagi.

Dryer model kantung keluaran Denso dibanderol sekitar Rp 200 ribuan, sementara yang botol antara Rp 150-225 ribu. Telat melakukan penggantian, bisa berbalik ke kompresor..

Tekanan balik secara kontinyu akan memporak-prandakan kompresor yang bisa menghabiskan biaya penggantian di atas Rp 2 juta.

8. Kipas Blower
Masih berhubungan dengan perilaku menghidupkan AC adalah menyetel posisi kipas blower pada angka paling tinggi (posisi 3). Untuk beberapa kondisi memang tidak diharamkan tetapi bukan untuk selamanya.

Semisal mobil dalam kondisi terjemur dan perlu proses penyejukan kabin dalam waktu cepat, bisa gunakan kipas blower paling tinggi.

Tetapi bila selama perjalanan memakai kipas paling kencang, tentu ada kerugian baik buat mobil maupun penghuni kabin. “Pastinya setrum mobil akan tersedot lebih banyak,” papar Mamat dari Lin Karya AC di bilangan Meruya, Jakbar.

Dinamo blower juga akan bekerja lebih berat karena dipaksa untuk berputar lebih kencang. Dinamo atau kumparan akan lebih cepat panas dan spul arang juga lebih cepat habis.

Kipas blower yang sudah aus atau lemah akibat terlalu sering di-‘jor’ pada speed paling kencang punya usia pakai lebih pendek dan kudu diservis atau diganti dengan biaya sekitar Rp 1 jutaan.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Penulis : KL:X | Teks Editor : Bagja | Foto : KLX
Selasa, 29 Maret

Written by Joseph Setiawan

October 4, 2011 at 7:17 PM

10 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Maaf saya ingin bertanya,saat mekanik AC di perusahaan batu bara di kalimantan,disini saya lagi menghadapi masalah yaitu ac hino 700 tombol ac nya hidup mati hidup mati dan kompresor pun seketika tidak jalan,pertanyaan saya apaa penyebab tombol dan kompresor tidak berfungsi itu,padahal kompresor dan semua perangkat lainnya sudah saya cek semuax masih bagus semua’?

    eman

    December 23, 2012 at 4:44 AM

  2. Coba cek magnet clutch-nya. Jika magnetic clutch rusak, maka ac akan nyala mati tanpa sebab.

    Joseph Setiawan

    December 24, 2012 at 12:19 AM

  3. Pak, saya mau tanya saat ini ketika saya menyalakan ac saat kondisi mesin menyala RPM mobil drop begitu juga ketika saya nyalakan lampu jauh kondisi yang sama terjadi. Itu perkiraan penyebabnya apa yah? Utk informasi mobil saya lancer dan gan th 90. Trims mohon pencerahannya pak.

    rondi

    December 29, 2012 at 6:06 AM

    • Dear Pak Rondy;

      Kemungkinan yang bisa terjadi adl coba cek ISC / Idle speed controller. Jika ISC rusak maka fungsi stabilisasi gas pada saat beban bertambah (saat ac start & lampu dinyalakan) akan tidak berjalan sehingga menyebabkan terjadinya rpm mobil drop.

      Jika ada kemungkinan lain yang saya bisa dapatkan, saya akan informasikan secepatnya

      Regards
      Joseph

      Joseph Setiawan

      January 2, 2013 at 1:59 AM

  4. Mengapa ac nissan grand livina (A) saya tidak berfungsi. ini terjadi apabila saya mencabut bateri untuk menukarkannya kepada yang baru apabila kereta saya tidak dapat dihidupkan.Hanya blower sahaja… kompresornya lansung tidak berfungsi. Apakah masalahnya pak

    Johan

    January 26, 2013 at 8:00 PM

    • Dear Pak Johan.

      Setahu saya AC pada livina terhubung dengan sistem ECU. sebaiknya pergi ke bengkel resmi untuk me-reset komputer sebagai akibat dari bateri dicabut.

      Thanks & Regards
      Joseph

      Joseph Setiawan

      February 10, 2013 at 7:00 AM

  5. Mau tanya gan mobil ane avnza tipe S 2007 komresor ac baru mau jalan waktu di rpm 2000 jadi kalo berhenti di lampu-merah cuma angin aja yg keluar.mohon pencerahanya

    eko

    July 9, 2013 at 1:39 PM

  6. Permisi mas,, saya mau tnya,knp ya apabila ac mobil dinyalakan pada posisi no.1 tp tdk keluar sama sekali dan diputar pada posisi no.2 baru udara dingin keluar disertai asap bau seperti ada yg terbakar,,
    mohon penjelasannya dan masukkannya,kira2 bgmana spya ac mobil bs normal kmbli ?

    Saya menggunakan mobil honda jazz keluaran pertama. . .

    salu

    August 22, 2013 at 8:13 PM

  7. Pak, aku lg jalan di tol, mendadak terasa gerah. Ternyata ac nggak dingin, cuma angin. Aku matikan ac. Aku berenti trus bersihin yg dibawah dasbord itu. Pas ku nyalain, lumayan lebih kencang anginnya. Tetapi tetap nggak dingin sama sekali. Akhirnya aku matiin lagi. Keesokan hari aku cari bengkel untuk cek ac. Alangkah terkejutnya katannya magnet clutchnya yg rusak dan kompresor rusak. Biaya 4,6juta. Haduhhh mimpi apa ya semalem. Katannya orang bengkel, harusnya langsung matikan pas terasa panas. Kayannya jeda waktu dr nggak dingin sampe aku matikan itu cuma 10menit. Apa secepat itu kompresor lansung rusak pak?

    retno

    October 14, 2013 at 11:34 AM

  8. bos barangkali ada yg tau dimana sy bisa mendapatkan evaporator proton savvy

    faizal

    April 18, 2014 at 7:12 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: