Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Hasil Test Drive Sirion Oleh Otomotifnet.com

leave a comment »

hari pertama All New Sirion Test Drive in Malaysia (18/10) diisi dengan perjalanan Kuala Lumpur-Malaka. Sebuah All New Sirion bertransmisi manual jadi teman selama perjalanan.

Sebelum berangkat, Jimmy Yeow, Corporate Communication Perodua, ATPM Daihatsu di Malaysia mengingatkan bahwa perjalanan ini akan di dominasi jalanan lebar dan panjang di sekitar perkotaan. Dan akan menemui jalanan penuh tikungan sekaligus sempit.

“Dan hati-hati, ada beberapa daerah yang banyak hewan di pinggir jalan, seperti sapi,” wantinya. Hemm pasti menantang..

Untungnya kualitas aspal di Malaysia jauh lebih baik dari Indonesia, bakal makin asik ni.! Perjalanan yang dimulai dari Sepang ini dilepas oleh terik matahari, gak masalah geber terus!

Lepas dari Sepang trek panjang lebih sering ditemui. Putaran mesin nikmat dibesut saat takometer mulai beranjak ke angka 3.000 rpm. Meski rambatan tenaganya halus, kecepatan 120 km/jam bisa dengan mudah diraih.

Dalam kondisi ini, konsentrasi malah tertuju pada kenikmatan suspensinya. Empuk membuat perjalanan jadi nyaman. Sedikit mengayun tapi efektif meredam getaran speed trap yang banyak ditemui sebelum tikungan. Cuma suara duk..duk..duk.. yang masih terdengar dari kabin.

Jalan rusak memang sulit ditemui di Malaysia, sangat berbeda dengan Indonesia. Jadi jangan tanya performa suspensinya ketika melibas jalan tak rata. Paling banter guncangan terasa ketika merasakan getaran polisi tidur.

Dan benar, tidak lama berjalan hujan mulai turun, meski tak lama tapi cukup membuat aspal basah. Menariknya, kondisi ini disambut dengan jalanan pedesaan yang mulai berkelok.

Awalnya ragu untuk menikung karena jalanan hujan, lama kelamaan santai saja. Deretan tikungan bersudut lebar coba dilalui dengan kecepatan 80 sampai 90 km/jam.

Sayangnya karakter suspensi nyaman yang ditawarkan All New Sirion membuat pengendalian sedikit limbung. Terlebih ketika di tengah tikungan ada gelombang.

Tapi rasanya di Indonesia kenyamanan lebih utama ketimbang performanya melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. Kondisi jalanan di Indonesia yang rusak dan kepadatan tinggi menjadi alasannya.

Masih soal kenyamanan, electronic power steering yang ditawarkan Daihatsu cukup meringankan kerja tangan. Pengemudi pemula atau wanita pasti akan dengan mudah memutar setir.

Perjalanan sejauh 130 kilometer ini pun berakhir di Malaka, kawasan pelabuhan bersejarah peninggalan bangsa Eropa di tanah Melayu.

Hari ke dua, tim OTOMOTIFNET.COM kebagian menjajal kebolehan Sirion Deluxe bertransmisi automatic.

Varian yang baru diluncurkan minggu lalu di Indonesia ini dilengkapi dengan pelek alloy 16 inci. Lebih stylist, perangkat bodi kitnya juga dibuat sporty dengan penambahan ornamen di bumper depan belakang.

Selain itu transmisi automatic-nya juga memberikan tantangan setelah kemarin mencoba versi manual. Pasalnya, jalur yang dilalui dari Malaka menuju Putera Jaya disetting melintasi highway atau jalan TOL.

Seberapa responsif tarikannya jadi lebih terasa. Mengusung mesin yang sama yaitu 1.300 cc dengan 4 silinder segaris, All New Sirion automatic ini memiliki gear box dengan 4 percepatan.

Pilihan di tuas presneling ada D, 3, 2, N, R dan P. Memposisikan transmisi di D, artinya bisa sampai perbandingan gigi tertinggi sampai 4. Sedang 2 dan 3 hanya ditahan sampai pilihan tersebut meski putaran mesin teriak tinggi. Perbandingan gigi ringan ini cocok untuk menaklukan tanjakan yang butuh perbandingan rasio transmisi ringan.

Dipakai perlahan, perpindahan gigi lumayan halus meski terasa terlalu ringan di gigi satu sehingga terasa menyentak pada perpindahan gigi dari 1 ke 2. Tapi selebihnya lumayan nyaman.

Langkah kick down diambil ketika memaksa Sirion automatic ini ngebut, putaran mesin langsung teriak sampai 5.000 rpm. Meski akselerasinya tak terlalu cepat, tapi top speednya lumayan untuk mobil bermesin 1.300 cc.

Di jalanan TOL ke arah Putera Jaya yang relatif sepi, speedometer berhenti di kecepatan 160 km/jam. Bahkan rekan media lainnya dari OTOMOTIF Group yang juga ikut dalam test drive ini bisa mencapai 170 km/jam dengan versi manualnya.

Sekedar info tambahan, jalan bebas hambatan di negeri Jiran ini tergolong lengang. Sehingga lebih leluasa mencoba kecepatan maksimum. Tapi melakukan hal ini perlu dibarengi dengan konsentrasi dan kewaspadaan tinggi.

Sama seperti versi manual yang di coba hari Selasa lalu, suspensi yang mengutamakan kenyamanan sehingga disetting empuk membuat mobil kurang anteng di kecepatan tinggi.

Perasaan goyang ini diperparah dengan electronic power steering (EPS) yang terlalu ringan, feeling merasakan arah mobil terkadang jadi kurang terasa ketika melibas tikungan. Tapi untuk penggunaan normal sehari-hari, setir Sirion sangat nyaman, ringannya membuat mudah parkir dan selap-selip di kemacetan.

Menariknya panel audio di tengah dashboard tetap mudah dilihat. Semua tombol audio yang dilengkapi dengan fasilitas USB dan bluethooth ini sengaja di rancang dengan tombol dan tulisan berukuran besar.

Panel speedometer dan takometernya pun demikian, sekali lirik semua informasi bisa terbaca. Kecuali panel berbentuk bulatan di tengah yang isinya informasi fuelmeter, karena ‘nyelempil’ jadi agak merepotkan dilihat ketika mobil melaju cepat.

Kesimpulannya, meski handling kurang stabil di kecepatan tinggi, tapi rasanya cukup nyaman di kecepatan normal. Setirnya yang ringan dan dimensinya yang tak terlalu besar cukup memudahkan manuver.

Terlebih ruang kabinnya yang lega lebih luas ketimbang kompetitornya seperti Suzuki Splash atau Nissan March. Aplikasi pelek 16 incinya juga membuat penampilannya sudah jauh lebih keren dari versi standar. Asik kan!

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Popo | Teks Editor : Bagja | Foto : Popo
Jumat, 21 Oktober 2011

Written by Joseph Setiawan

October 21, 2011 at 3:51 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: