Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Alarm Nissan March Bisa “Bisu” Permanen

with 4 comments

Umumnya, alarm akan berinteraksi dengan penggunanya lewat bunyi yang dikeluarkannya. Seperti pada saat membuka dan mengunci pintu atau mengaktifkan dan me-nonaktifkan alarm di mobil. Saat dipencet, klakson atau sirene akan mengeluarkan bunyi berbeda ketika salah satu fungsinya diaktifkan.

Namun terkadang, bunyi-bunyian itu cukup mengganggu, terutama ketika berada di lingkungan yang diharuskan tenang, seperti di sekolahan atau di rumah sakit, misalnya. Nah, pengguna Nissan March tipe XS sudah pernah diulas di edisi lampau untuk menghilangkan fitur ‘bunyi’ ini. Sekarang pemakai tipe di bawahnya pun bisa dan uniknya tak perlu menambahkan perangkat apa pun. Caranya sangat mudah.

Ada Pilihan

Saat sedang konsentrasi belajar di kelas, tentu akan terganggu oleh bunyi klakson dari mobil di parkiran sebelah ruangan. Entah mahasiswa akan ke luar kampus atau yang baru datang selesai memarkir tunggangannya dan mengaktifkan alarm.

Hal ini dirasakan tiap mahasiswa di kampus tentunya. Nah, untuk Nissan March, ada fitur tersendiri untuk membuat silent mode pada alarmnya. Untuk tipe XS pernah diulas, hanya saja ketika itu belum ada solusi pada tipe M/T.

OTOMOTIF sempat mencoba peranti alarm ini. Dengan memanfaatkan tombol pada remote. Setelah memasuki mobil dan menutup pintu, lantas kunci kontak diputar pada posisi ON, jangan menghidupkan mesinnya (gbr.1).

Kemudian, kedua tombol, untuk membuka dan mengunci ditekan bersamaan selama kurang lebih 5 detik (gbr.2). Kemudian, tunggu hingga lampu hazard berkedip (gbr.3) dan klakson pun terdengar berbunyi dua kali.

Sekarang, putar kunci kontak ke posisi OFF, lalu ke luar kabin. Aktifkan alarm, maka tidak akan terdengar bunyi klakson seperti sebelumnya. Dengan cara ini, Silent Mode permanen pun sudah aktif. Alarmnya sudah bisa bisu secara permanen.

Untuk mengembalikan seperti kondisi semula, lakukan cara tadi, hanya saja, kedipan hazard dan alarmnya hanya akan berlangsung satu kali saja.

Ada cara lagi bisa dilakukan. Dengan memanfaatkan tombol yang ada pada remote. Coba perhatikan, pada remote terdapat tiga buah tombol, selain tombol buka dan tutup (berlambang gembok terbuka dan terkunci), juga ada tombol merah berlambang speaker atau klakson (gbr.4).

Nah, bunyi klakson juga bisa dibuat hening saat mengunci atau membuka pintu, dengan cara, tekan dulu tombol Panic Button yang berwarna merah itu, sesaat sebelum menekan tombol buka atau kunci pintunya.

Cukup mudah dan menyenangkan, bukan?

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Ben | Editor : Bagja | Foto : Tigor
Kamis, 18 Agustus 2011
Tips Mobil
Awas! Alarm Nissan March Bisa “Bisu” Permanen

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 8:08 AM

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Alarm Nissan March Saya jadi Bisu alias masuk ke silent mode, ditambah klakson mati saat tombolnya ditekan, bagaimanakah mengaktifkannya lagi? Saya sudah coba cara diatas tp selalu gk bisa.

    Muhammad

    April 7, 2012 at 7:01 PM

    • mending dibawa ke bengkel resmi dulu bro Muhammad. Biasanya kalo dibenerin sendiri, bisa hilang garansinya. ^_^

      yahyakantum

      May 4, 2012 at 4:24 PM

  2. Kali alarm Nissan juke udah dilock tp bunyi2 trs itu biasanya karena apa ya?mbl dlm keadaan diparkir di garasi dan tanpa gangguan apapun…o ya klo bikin silent alarm Nissan juke gimana ya caranya?

    Donny

    April 16, 2013 at 12:58 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: